Thursday, September 4, 2008

Kantong Anggur Baru

webmaster | 11:00:00 PM |
Ayat bacaan: Markus 2:22
=========================
"Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."

kantong anggur baru
Berapa banyak plastik yang dipergunakan sehari-hari ketika berbelanja ke supermarket? Ada sebuah hypermart yang mengeluarkan produk tas belanja ramah lingkungan. Saya tidak tahu apakah di kota-kota lain tas belanja ini juga dipergunakan, tapi di kota saya tas ini dijual dengan harga Rp 10.000 dan bisa ditukar gratis apabila rusak. Tas ini tentunya lebih kuat dari plastik kresek yang gampang sobek jika diisi terlalu berat, apalagi jika dipakai berulang-ulang. Tapi meskipun tas belanja ini lebih kuat, jika dipergunakan terus menerus lama kelamaan pasti rusak juga. Jika tas yang kita pakai itu sudah terlalu lama dipakai untuk menampung beban berat, bisa dibayangkan seandainya tas tiba-tiba sobek dan isi belanjaan kita tumpah keluar. Beberapa belanjaan yang tidak tahan banting, seperti telur misalnya, akan pecah. Baik tas dan barang akan terbuang sia-sia.

Di masa kehidupan Yesus, anggur disimpan di dalam kantong kulit. Kantong tersebut biasanya meregang setelah dimasuki anggur, karena anggur terus mengalami fermentasi, dan kemudian mengeras. Bisa dibayangkan jika kantong tua yang sudah mengalami peregangan diisi kembali dengan anggur baru. Anggur baru itu akan melanjutkan proses fermentasinya dan beresiko mengoyak kantong tua. Akibatnya anggur akan tumpah terbuang, demikian pula dengan kantong yang telah koyak tidak akan bisa dipergunakan kembali. Baik tas belanja di atas, maupun kantong anggur memberi satu gambaran yang sama: kerusakan bisa terjadi apabila wadah yang dipakai sudah terlalu tua dan tidak lagi layak guna.

Tuhan selalu mencurahkan anggur baru yang terbaik buat kita semua. Anggur baru akan memberi kita kapasitas maksimal dalam kehidupan, pekerjaan dan pelayanan. Jika kita tidak mempersiapkan hati kita untuk menerima anggur yang tercurah dari Tuhan, kita bisa kehilangan begitu banyak berkat. "Kantong" hati kita tidak mampu menampung curahan berkat, dan akibatnya berkat akan terbuang sia-sia tanpa kita sadari. Jika kita tidak menjaga hati dengan baik, jika kita masih memiliki hati lama yang menyimpan banyak dendam, iri hati, tidak menjaga kekudusan dan lain-lain, hati kita tidak akan bisa menerima berkat Tuhan. "Kantong" lama harus kita ganti dengan "kantong" hidup baru, sehingga kita bisa menerima berkat Tuhan secara maksimal, dan mempergunakan seluruh "anggur baru" yang dicurahkan Tuhan dengan kapasitas maksimal dalam hidup kita. Persiapkanlah diri anda dengan maksimal, sehingga tidak ada lagi segala sesuatu yang dipercayakan Tuhan pada kita terbuang sia-sia.

Kantong lama tidak sanggup menampung anggur baru, maka gantilah kantong anda dengan kantong hidup yang baru

1 comment :

Luhut said...

firman Tuhan memang luar biasa , Dia mengajar kita untuk memperoleh hidup benar, FirmanNya mengarahkan kepada kebenaran. Hati yang baru hanya dapat kita peroleh dari anugrahNya " DiberiNya kesempatan bersekutu derngan Yesus Kristus. Jika kamu tinggal dalam firmanKu , dan firmanKu tinggal didalam kamu , mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimannya (Yoh. 15 : 7). Dengan tinggal dalam Dia, maka kita dapat meminta hati yang baru dari Tuhan, sehingga kita semua layak mendapat segala berkat rohani yang ada didalam sorga (Ef.1 :3)

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker